Rabu, 03 Februari 2016

BELAJAR C++ UNTUK PEMULA


Assalamualaikum W.W.,
Selamat Pagi semua,

Kemaren sempat ada beberapa orang nih yang ngomong nih sama ane, "Gan share lagi donk tentang pemrograman", "Share donk mas cara belajar C++ untuk pemula", "Ajarin C++ lah aku pemula nih" , dan lainnya dah bisa abis waktu kalo cuma nulis kata kata dari mereka hehe .. Nah maka dari itu semua sekarang ane bakal coba membahas tentang "Belajar C++ Untuk Pemula" Sebenernya ane sendiri juga pemula kok. Kenal Bahasa C++ ini baru sekitar 5-6 bulan itupun karena program studi yang ane ambil adalah Teknik Informatik. Jadi mau tidak mau ya harus Belajar C++ ini deh.. Di bilang jago juga engga sih sebenernya ane ini jadi lebih baik kita belajar C++ ini bersama-sama aja soalnya ane juga masih pemula kok hihi ..
BTW atau ngomong-ngomong atau talking-talking terserah ente lah nyebut nya apaan ,, udah pada tau belum nih apa itu C++ ? Aplikasi apa ya yang di pakai untuk membuat program C++ ? Kalau belum tau simak nih penjelasan ane di bawah.. iya ini dibawah langsung aja cekidooott ..
Apa itu C++ ? Setau ane nih C++ itu adalah sebuah bahasa pemrograman yang digunakan oleh manusia untuk menciptakan suatu program(Ya iyalaahh). Nanti di dalam bahasa C++ ini bakal di kenalkan sama yang nama nya syntax.Syntax ini kurang lebih simbol perintah yang di gunakan pada program . Contoh nya perintah buat nge-input maupun output. Lalu di setiap program yang akan kita buat itu harus selalu mempunyai file header ( Include < > ). File header ini adalah file yang berisi deklarasi untuk berbagai fungsi yang dibutuhkan oleh program baik itu sebagai standar Input/Output maupun sebagai syntax. File Header kalau dalam C++ fungsinya untuk memanggil library-library yang ada sehingga suatu fungsi dapat digunakan secara baik dan benar. Paham kagak nih ? Kurang lebih gitu lah yang disampaikan sama dosen di kampus hehe .. ane aja yang ngetik ampe bingung sendiri wkwk. Kalau masih belum paham bisa deh browsing jadi referensi lain biar ilmu nya juga namah .. OK(?)
Nah sekarang kita menuju ke aplikasi nyaa . Banyak sih ya aplikasi yang bisa di gunakan untuk cuma sekedar nulis programnya tapi kan disini kita ga cuma butuh buat nulis pasti juga pengen liat hasil dari prgoram tersebut, iya kan (?) kalau cuma buat nulis mah notepad juga bisa kalik wkwk .. Ane nyebutin program nya yang terkenal aje ya biar ga kepanjangan..yang pertama sih ada Visual Basic , terus juga ada yang namanya Borland C++ , dan yang terakhir ini yang paling simpel sih dan enak memakainya yaitu Dev C++. Nah program-program diatas bisa anda dapatkan di toko terdekat wkwk.



Langsung aja nih kita Belajar C++ nya langsung menggunaka salah satu aplikasi tadi. Disini ane bakal menggunakan Dev C++ (cuma punya itu wkwk). Yang belum punya bisa download diii .......... google banyak hehe.

Pertama Buka dulu Dev C++ nya di destkop atau di start menu juga ada.. Kalau udah nanti tampilannya bakal begini niiihh ..


Oke sekarang kita mulai untuk membuat program baru nih cerita nya ..  Pilih File >> New >> Project 



nanti bakal muncul tuh kotak berikutnya .. nah disini kita klik "Console Application" Lalu centang pada C++ Project . Karena disini kan kita Belajar C++ jadi ya harus pakai bahasa C++ untuk nama Terserah aja sih.. kalo udah klik OK. kalo muncul perintah Save ya tinggal di Save aja ya...


Setelah semua selesai kita akan masuk ke tampilan awal Dev C++ itu sendiri.
Begitulah tampilan awalnya Dev C++ . nah disitu udah ada beberapa syntax inti atau main syntax nya jadi kita sudah siap untuk membuat program kita sendiri sampai disini.

Berikutnya jangan lupa tambahkan "using namespace std;" sebelum syntax main. Ini fungsinya untuk membaca syntax "Cout" (untuk meng-output) dan "Cin" (untuk input).

Oke sekarang kita bakal coba bikin sebuah program sederhana . Yang paling gampang aja dulu deh kita bikin program untuk menghitung .. coba liat Coding-an dibawah ini


Dari gambar diatas bisa coba ente tulis di Dev C++ nya .. ingat yang di tulis bukan di copas.. kenapa kok ane menyediakan gambar buka text box ? ya biar ga bisa di copas karena kata dosen ane kalo belajar bikin program harus ketik sendiri jangan copas biar paham hehehe ..
Oiya di situ kan ada syntax int j,k,hasil; nah itu fungsi nya buat mendeklarasikan sebuah nilai .. bisa juga pakai float,char,string, dll (lainnya searching aja sendiri wkwk). Terus Cout dan Cin itu buat Output dan Input.. Disitu juga ada hasil=j+k ini fungsinya sebagai rumus.. karena kita bikinnya pertambahan ya jadi j+k kalau mau yang lainnya bisa ente ganti sendiri hehe ..

Setelah selesai di ketik itu program saat nya sekarang kita compile and run dengan menekan F11. kalo di suruh nge-save lagi ya tinggal di save aja yaa .. nanti tampilannya setelah di run akan menjadi seperti ini nih ...



Gimana Belajar C++ nya ? Nah mudah kan ya bikin program pakai C++ ? Tertarik bikin Program ? Ini masih yang sederhana sih, ente tinggal kreasikan sendiri dah sekalian belajar belajar dari google atau dari youtube. Untuk bisa pemrograman JANGAN HANDALKAN PERKULIAHAN .. noh baca,, soalnya di perkuliahaan itu cuma di ajari dasarnya aja padahal nanti tugas akhir nyaa ..... huuhh ngeri pokok nya wkwkwk ..

Sekian dulu dah dari ane ..  kalo ada lebih nya Alhamdulillah kalau ada kurang nya mohon diingatkan hehe ..

Wassalamualaikum W.W.





56 komentar:

  1. mantab gan, kalo ada share juga donk tutorial python gan. . .hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya gan ,, ane belum pakai pyhton soalnya :D

      Hapus
  2. wah sama nih lagi belajar juga.thanks infonya sob

    BalasHapus
  3. c++ yah ane dulu pernah sebentar nyoba gan. tapi sekarang menggunakan java

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh mastah saya masih belum masuk materi itu, ajarin lah :v

      Hapus
  4. itu aplikasinya berat gak gan?sama netbenas berat mana

    BalasHapus
  5. keren gan nanti ane cobain (y)

    BalasHapus
  6. java gan enak, beda dikit aja sama ini aplikasi

    BalasHapus
  7. thanks infonya gan, tpi ane belajarnya langsung ke pascal hahaha

    BalasHapus
  8. dulu waktu kuliah pernah diajarin tapi cuma 1 semester doank. skarang udah lupa :/

    BalasHapus
  9. ini ini yang harus gua pelajari di kuliah an

    BalasHapus
  10. wkwkw cuman bisa cmd saya :v, mungkin kapan-kapan saya belajarnya :)

    BalasHapus
  11. c++ mirip kek java di netbeans -_-

    BalasHapus
  12. Lumayan lah buat nambah ilmu, walaupun gaksuka coding hehe

    BalasHapus
  13. keren gan info nya trims udah share

    BalasHapus
  14. JADI tau tentang dvc++ , nice gan

    BalasHapus
  15. bantu banget nih buat belajar c++ kalo bahasa c gw udh mahir haha sangat bermanfaat gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bahasa C ane masih bingung ,, agak ribet soalnya :v

      Hapus
  16. ternyata teman programmer jgx , salam knal gan..
    tpii ane lebih sring memakai Visual Basic :)

    Motivasi Cinta
    Tutorial VB

    BalasHapus
  17. mantap gan tutornya sangat jelas jadi belajarnya juga bisa enteng...

    BalasHapus
  18. thanks gan tutornya, sangat mudah dimengerti newbie seperti ane,.

    BalasHapus
  19. makasih gan, sangat perlu nih buat jadi programer pemula :)

    BalasHapus
  20. wah dari dulu saya cari cari blog yang membhas C++ akhirnya ketemu juga :D thanks

    BalasHapus
  21. Menarik mas bro,,, saya bookmark. Dan tolong jangan berhenti sampai disini, saya cukup tertarik untuk belajar C++ :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke masbro terima kasih insyallah nanti di lanjutkan :D

      Hapus
  22. agak bingung gan.. btw ribetan mana ama phyton ?

    BalasHapus
  23. Balasan
    1. notepad++ setau ane buat code html atau tepatnya buat coding web sih (?)

      Hapus
  24. C++ lumayan susah gan buat di pelajarin :(

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Visit juga ya Blog saya websitecen.blogspot.com

    BalasHapus
  27. Artikel yang menarik. Indahnya saling berbagi pengetahuan dan keilmuan. Silahkan singgah di blog perkuliahan pemrograman saya:

    http://rismonhasiholansianipar.blogspot.co.id

    http://rhsianipar.blogspot.co.id

    http://rismonhsianipar.blogspot.co.id

    BalasHapus

  28. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    BalasHapus