Sabtu, 19 Desember 2015

MEMBUAT CLASS SEDERHANA PADA C++


Assalamualaikum Wr.Wb.
Selamat siang .


     Kali ini nih ane bakalan ngasi tau cara MEMBUAT CLASS SEDERHANA PADA C++.Kalo ente programmer pasti sudah mengetahuikan apa itu class dan apa fungsinya dalam Program yang akan dibuat nantinya. Fyi Ini dibuat sebagai tugas perkuliahan ane lhooo (Apaan sih) :v . . Tak perlu berlama-lama lagi,langsung dah kita masuk ke beberapa contoh yang bakalan ane berikan di bawah ini .


  1. Contoh Program Sederhana 1

 Pada program diatas ane membuat class bernama "segitiga". Didalam class ini dideklarasikan variabel x dan y dengan tipe integer sebagai permission label Private. Selanjutnya ditambahkan permission label Public yang berisi fungsi "angka" dan fungsi "hasil"
Fungsi angka( ) sendiri didefinisikan lagi diluar class dan harus menggunakan tanda "::" untuk mendeklarasikannya. Sedangkan fungsi area( ) dideklarasikan di dalam class. Di fungsi ini ane menambahkan rumus segitiga yang nantinya akan di return-kan oleh fungsi ini.
Selanjutnya kita akan memanggil class segitiga kedalam main( ). Namun sebelumnya class ini harus diturunkan terlebih dahulu kedalam suatu variabel untuk mendeklarasikannya. Disini ane menggunakan variabel "segi3". untuk memanggil class yang sudah kita buat tadi haruslah menyertakan variabel segi3 didepannya. misal kita ingin memanggil fungsi hasil ( ). Nanti didalam program tersebut akan ditulis sebagai "segi3.hasil( )". Begitu juga untuk memanggil fungsi lainnya.
======================================================================
       2.  Contoh Program Sederhana 2

Hampir sama dengan contoh ke-1. Hanya di contoh kedua ini ane menggunakan rumus persegi panjang di fungsi hasil dan memodifikasi fungsi tersebut di baris 24 untuk menghasilkan rumus segitiga.


      3. Contoh Program Sederhana 3

Di contoh yang ketiga ini masih sama dengan contoh-contoh sebelumnya. Tetapi, disini ane hanya menggunakan permission label public dalam class yang dibuat. 



Nah, sekarang anda bisa berkreasi dan bereksperimen dengan kode-kode diatas.
Sekian beberapa contoh Membuat Class Sederhana pada C++. Semoga apa yang ane sampaikan ini dapat bermanfaat bagi semua. Aamiin.
Selamat malam. Wassalamualaikum Wr.Wb.

15 komentar:

  1. Isinya keren, tapiu temanya di perbagus yah..

    BalasHapus
  2. template nya di renovasi gan agar lebih bagus dan menarik artikel nya sudah menarik makasih sudah sahare yang beginian saya lagi cari" yang kyk gini

    BalasHapus
  3. wah klo bisa . itu kodingnya jangn gambar gan , biar bisa di copas untuk ke programnya , biar gan sulit lagi gan . nice artikel gann ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke gan next nanti dikasih codingannya. thank sarannya

      Hapus
  4. nice artikel gan. :D cuman sekedar saran. kalo ngeshare koding bagusnya pakai script box aja gan. jangan gambar. soalnya biar bisa di copy. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih gan sarannya .. hehe ini maklum masih belajar :D

      Hapus
  5. artikelnya bagus gan. saran ane sih mungkin penulisannya bisa dirapihin dikit ya

    BalasHapus
  6. waahh msh ada juga ternyata c++ klo bisa ada artikel tentang basic penggunanaan c++ min buat para newbie kaya sy hehehe

    BalasHapus
  7. c++ kalo di dalemin gakjauh beda ama xml daleman nya aplikasi :v
    bikin pusing pala :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang lebih gitu lah . kalo xml mirip html hihi sama sama ribet:v

      Hapus